Selasa, 14 April 2009

KEGIATAN PASKAH DI PAROKI HATI KUDUS

Ibadat Tobat
Dilaksanakan hari Senin dan Selasa, 30-31 Maret 2009 yang lalu. Pengakuan dosa pribadi dilayani oleh 5 orang romo, 3 romo dari paroki, 2 romo tamu.
Dari jumlah umat yang hadir memang banyak. Padahal sudah diberitakan, apa pada nggak punya dosa ya..?? He..he..he... mungkin pengakuannya di waktu yang lain atau ikut di paroki yang lain.

















Minggu Palma
Perayaan Minggu Palma diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, 4-5 April 2009 yang lalu. Perayaan diawali dengan perarakan masuk gereja yang melambangkan Yesus Kristus yang memasuki kota Yerusalem. Pada perayaan Minggu pagi, perarakan dimulai dari Wisma Kurnia. Perarakan menggunakan kuda poni yang dipinjam dari Polwiltabes Semarang.

















Ketika rombongan romo dan petugas liturgi akan memasuki gereja, umat pun menyambut dengan lagu : Yerusalem Lihatlah Rajamu dengan gegap gempita dan penuh kegembiraan.
Namun suasana berubah ketika sampai pada bacaan Injil yang dinyanyikan (dipasiokan) tentang kisah sengsara Yesus.
Terima kasih kepada petugas Pasio : Andi, Aan, Benny, Dita, Viani dan Lintang.

















Terima kasih juga kepada petugas koor : PS ASM St. Maria Semarang.

















Kamis Putih
Perayaan Kamis Putih, mengenangkan peristiwa perjamuan terakhir Yesus bersama para murid-Nya. Diadakan 2 kali, pkl. 17.30 dan 21.00. Pada misa ini, diadakan juga pembasuhan kaki yang dilakukan romo kepada petugas yang menjadi rasul. Pembasuhan kaki pada jaman dahulu hanya dilakukan oleh hamba kepada para tamu majikannya. Makna dari pembasuhan kaki adalah kita semua wajib saling "membasuh kaki" saudara kita, dengan kata lain salinglah memberi dan melayani. Kira-kira gitu... kalo masih belum jelas tanya romo Budi atau romo Willem aja deh...

















Di akhir misa, diadakan perarakan sakramen mahakudus, yang melambangkan perjalanan Yesus menuju taman Getsemani. Di taman itulah Yesus berdoa kepada Allah.

















Sesudah misa yang kedua, diadakan tuguran, atau jaga bakti. Hal ini adalah sebagai wujud kesetiaan kita kepada Yesus, yang berdoa di taman Getsemani. Dengan tuguran atau jaga bakti, kita ingin menemani Yesus yang kala itu merasa sendiri dan ditinggalkan para muridnya yang tertidur. Tuguran berakhir sekitar pkl. 6 pagi hari berikutnya.

















Jumat Agung
Jumat Agung memperingati wafatnya Yesus. Ibadat dilaksanakan dua kali, pkl. 15.00 dan pkl. 18.00. Dalam ibadat dibacakan injil Yohanes yang dinyanyikan (pasio). Seperti pada pasio Minggu Palma, untuk 2 kali pasio Jumat Agung ini, petugasnya semua kaum muda... bravo kaum muda....















































Upacara penghormatan salib diawali dengan perarakan salib besar dari pintu utama gereja ke depan altar. Setelah itu, upacara tabur bunga, yang diawali romo dan prodiakon pendamping, dilanjutkan dengan umat dari 21 lingkungan yang ditunjuk.
































Upacara Jumat Agung diakhiri dengan percikan untuk salib-salib yang dibawa umat.

Sabtu Paskah
Perayaan dimulai dengan upacara cahaya, sambil umat memegang lilin bernyala pujian paskah dilagukan. Perayaan Sabtu Paskah / malam Paskah, diadakan dua kali, pkl. 17.00 dan pkl. 20.30.
































Pada misa malam Paskah ini pula diadakan pembaharuan janji baptis yang pernah diikrarkan pada saat kita semua dibaptis. Setelah itu, percikan diberikan, sebagai pengingat akan pembaptisan yang telah kita terima.
Pada perayaan yang kedua, yang juga diadakan upacara pembaptisan untuk 18 orang, kebetulan yang bertugas koor adalah PS Mudika "AMDG".

















Dengan kekuatan hampir 30 orang, mereka bertugas dengan sebaik-baiknya. Sebagai lagu pujian awal misa, dinyanyikan lagu "for the beauty of the earth", yang bisa dikatakan lagu tema kegiatan Mudika tahun 2009, dan lagu "when you believe", lagu yang menjadi sound track film Musa. Pada saat komuni, dinyanyikan lagu "haec dies" dari puji syukur, "sing alleluia, clap your hands" yang dinyanyikan secara acapella sambil bertepuk tangan, dan tak lupa lagu "halleluya" Handel.

















Thanks buat kawan-kawan yang telah tergabung dalam PS Mudika "AMDG". Buat yang lain yang mau bergabung, kami tunggu lho gabungnya... jangan takut, karena semua juga dalam proses belajar.....

Minggu Paskah Pagi
Perayaan minggu Paskah pagi yang dimulai jam 8 ini, dipimpin langsung oleh 2 orang romo paroki kita, rm. Budi dan rm. Willem. Dimulai dengan tarian pembuka, maka rombongan romo dan petugas liturgi berarak menuju altar sambil membawa lilin paskah. Petugas koor dari SD Kanisius Hasanudin.
















Perayaan Paskah Anak
Setelah misa Paskah pagi selesai, diadakan Pesta Paskah Anak di Wisma Kurnia. Yang datang tentunya anak-anak, tetapi tidak sedikit kaum muda yang datang dalam acara ini. Tentunya mereka datang, karena terlibat dalam acara ini, bukan karena ada makannya tho..?? Hehehe....















Perayaan Paskah Sore
Dari awal sebenarnya panitia tidak akan mengadakan perayaan Paskah sore. Namun demikian rm. Budi, yang menjelaskan perlunya diadakan Paskah sore, akhirnya diadakanlah misa Paskah minggu sore, dengan kemasan misa kaum muda.

















Tentunya semua petugasnya adalah kaum muda. Dari penerima tamu, tatib, petugas persembahan dan koor. Dalam homilinya, rm. Budi kembali menjelaskan, bahwa bacaan yang dibacakan pada misa Malam Paskah, Paskah pagi, dan Paskah sore, khususnya bacaan Injil, berbeda. Maka berbahagialah mereka yang datang untuk mengikuti 3 perayaan Paskah itu.
Diakhir misa, rm. Budi mengajak kaum muda yang hadir untuk mengikuti acara yang secara spontan di halaman taman doa pastoran, dengan suguhan mie jowo....

















Sungguh suatu perayaan yang panjang dan membuat badan capek... Namun sungguh tidak sia-sia, karena kita mendapatkan penebus yang begitu mulia, yakni Yesus Kristus.

PRO ECCLESIA ET PATRIA !!!

3 komentar:

Admin mengatakan...

slamat PASKAH buat temen2 mudika...
terima kasih sudah terlibat dalam masa persiapan dan pelaksanaan Pekan Suci kemaren...

AMDG top markotop deh....

salam,
Admin

keropi mengatakan...

yok ikt kgtn mudika n terutama kor nya jg. br tiap taun bs tgs paska n natal, ^^ GB...

keropi mengatakan...

ya... makasih jg, sama2 pak ketu... ^^